WASPADA gerhana VENUS hari minggu BESOK!!

Maaf, judulnya terkesan salah paham.. hahaha
Biar menarik perhatian aja gan... :Dv
Seperti yang diberitakan, besok petang bakal terjadi gerhana VENUS yang bisa disaksikan dengan jelas terutama di pulau jawa. Yuk, kita baca berita selengkapnya... :D
Inilah ilustrasi yang PALING TEPAT untuk menggambarkan bagaimana terjadinya gerhana tersebut... :D




Peristiwa gerhana Venus yang diperkirakan muncul, Minggu (16/5/2010) besok, bisa menyaksikan fenomena alam langka ini dari 195 tempat di dunia. Gerhana ini biasa disebut juga dengan gerhana Planet Venus. Planet Venus tepat berada di antara Bumi dan Matahari. Ini merupakan kejadian alam yang sangat istimewa.


Dan, beruntung bagi Anda yang tinggal di Pulau Jawa karena gerhana planet Venus ini Anda dapat saksikan dari semua wilayah, bahkan sampai ke pesisir utara dan selatan.

Selain Pulau Jawa, warga yang tinggal di Pulau Kalimantan, di antaranya Kota Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Palangkaraya, dan Ketapang juga bisa melihat gerhana Venus ini.

"Fenomena alam ini baru akan terulang lagi pada tahun 2012. Namun akan berbeda dengan gerhana Venus sekarang. Sebab pada tahun itu akan terjadi pagi hari," ujar Kepala Observatorium Bosscha ITB Dr Dhani Hardiwidjaja.

Menurutnya, untuk bisa melihat lagi gerhana Venus pada siang hari, harus menunggu sekitar 120 tahun lagi.

Selain Jawa dan Kalimantan, sebagian besar warga yang tinggal di wilayah Manado, Gorontalo, Poso, Kendari, serta Makassar juga bisa menyaksikan fenomena alam tersebut. Untuk wilayah lain seperti Natuna, termasuk yang berada wilayah seperti Bima, Mataram, Natuna, Denpasar, dan Ternate juga bisa melihatnya.

Seperti diketahui, gerhana Venus terjadi saat posisi bulan, planet bumi, serta planet Venus sejajar. Dari bumi, planet Venus akan menghilang sesaat karena tertutup oleh Bulan. Pergerakan planet fajar ini seolah-olah membelakangi bulan.

Para Astromom menyebutnya dengan istilah Okulasi. Fenomena alam ini bisa dilihat pada Minggu (16/5/ 2010) besok waktu petang, bulan akan terlihat sabit karena baru menginjak hari ke-2 atau biasa disebut bulan baru.

Jika Anda berada di Bandung dan sekitarnya, waktu paling tepat untuk melihat gerhana Venus dimulai pukul 18.50 WIB.

"Fenomena gerhana Venus" akan mulai lenyap hingga pukul 19.30 WIB setelah itu, planet Venus akan muncul kembali dan posisinya akan terlihat di sebelah kiri bawah dari bulan.(*)