COOL!! Jenis-jenis special effects di FILM!!

COMPUTER GENERATED IMAGERY

efek khusus yang menggunakan perangkat lunak komputer 100% untuk menghasilkan gambar seperti benad asli. misalnya pada film toy story, keseluruhan karakter dan setting terbuat dengan perangkat lunak komputer.
cara kerjanya:
dibuat dulu model obyek dengan klay yang akan dibuat dengan perangkat lunak komputer. nantinya patung clay ini akan dianalisa komputer. supaya gambar dapat bergerak, komputer animasi 3D menggabungkan model dari obyek gerakan yang sudah di program.


DIGITAL COMPOSITING

merupakan cara penggabungan beberapa gambar menjadi satu. bisa sama sama berupa adegan atau adegan yang disatukan dengan efek khusus.
cara kerjanya:
menggunakan software khusus yang mampu memisahkan adegan seperti lapisan demi lapisan lalu ditumpuk menjadi satu.


PROTHESTIC MAKE UP

efek khusus pada film dengan menggunakan teknik-teknik make-up sehingga didapatkan tampilan yang diinginkan pada aktor.
cara kerjanya:
dibuat cetakan husus dari bahan gypsum untuk wajah atau bagian tubuh yang diinginkan. cetakan akan diisi silikon yang akan mengeras dan ditempelkan di wajah atau bagian tubuh tertentu.


STOP-MOTION

ini adalah efek khusus yang bisa memanipulasi benda menjadi terlihat bergerak dengan sendirinya.
cara kerjanya:
benda yang akan dibuat bergerak sebenarnya dibuat bergerak sedikit demi sedikit. nah gerakan demi gerakan kecil tadi difoto dengan seksama pada sudut yang sama. lalu keseluruhan foto tadi diputar secara sekuen sehingga benda tadi terlihat bergerak.


SLOW CAM/CAMERA FREEZE

efek khusus yang menimbulkan efek seperti kita bisa memutar sang aktor pada adegan tertentu. seperti di film the matrix
cara kerjanya:
aktor berdiri di tengah dalam posisi diam. kamera disiapkan dalam jumlah banyak dan mengelilingi sang aktor. saat "action!", kamera secara bersamaan atau bergantian merekam. gambar ini disatukan sehingga menimbulkan efek seperti kita mengelilingi sang aktor