Trik selamatkan data pada harddisk corrupt!!

Ini sekedar sharing pengalaman gue mengenai harddisk corrupt yang tiba-tiba tidak terdeteksi di windows explorer. Mudah2an bisa dijadikan referensi bagi yang mengalami masalah serupa. sekedar info, harddisk gue datanya selamat semua (padahal awalnya dah pasrah ilang data 290GB) semoga data anda juga selamat berkat tutorial ini... :D


apa reaksi anda jika harddisk yang tiap hari menemani anda itu tiba-tiba mogok kerja? Pasti panik dunk, ya sama deh kita.. Awalnya muka gue pucat sambil membayangkan data-data gue yang beterbangan (terutama foto-foto kenangan.. T.T) Silakan habiskan dulu rasa paniknya, biar lebih tenang dan bisa cari soulsi terbaik. Setelah tenang, gue labrak tuh om google. Banyak juga yang mengalami masalah serupa, tapi g ada solusi yang meyakinkan.

Terpaksa deh trial and error sendiri. Beberapa tool HDD repair dah di download tapi g ada yang bener satupun. Selama beberapa waktu data-data penting yang menjadi prioritas utama, tapi itu seakan-akan menjadi tidak mungkin. Lalu prioritas gue berubah, data ilang ya... gak apa2 yang penting harddisknya masih bisa dipake.

Dead end neh, terpaksa ambil jalan terakhir yaitu delete partition (data dah PASTI ilang, pikir gue) Karena windows explorer g bisa mendeteksi harddisk gue dan disk management tiba-tiba mogok kerja, terpaksa deh delete partitionnya via recovery console, soalnya disana harddisk gue terdeteksi dengan baik, cuma direktorinya tidak bisa diakses... :D

ketik diskpart lalu muncul menu harddisk yang terpasang. Gue piih yang harddisk korup tadi truz delete deh partisinya. Data ilang g kepikiran yang jelas harddisk gue harus bisa jalan lagi... :D
Restart trus boot windows. Setelah itu gue colokin harddisknya balik. ternyata terdeteksi dengan baik sebagai unallocated. Berarti harddisk gue belum rusak fisik. Jadi tinggal format partition pake quick format (GPL neh) dah bisa digunakan.

Tapi tunggu dulu, JANGAN buru-buru format karena kemungkinan data anda masih utuh 100%!!



Setelah sampai di tahap ini, anda bisa coba tools recovery file. Kalo yang gue pake waktu itu seh get data back for NTFS (g bermaksud promosi) jangan pilih yang default setting (Ampun lamanya.. T.T) pilih aja menu kedua yaitu recover from sudden lost partition kalo g salah... hahaha

Harddisk yang unallocated tadi akan di scan setelah itu akan muncul recovery tree. Nah, itulah data-data anda yang tadinya ada didalam harddisk itu. Jadi tinggal anda copy deh ker harddisk lain..... :D
Ya, itu z data anda bakal selamat paling tidak 98% dah... Setelah data berhasil di ungsikan, baru lakukan quick format maka harddisk sudah bisa digunakan kembali.

Biar kejadian serupa tidak terulang lagi, coba ganti kabel power harddisk dengan yang baru soalnya kebanyakan yang berulah itu power ke harddisk yang tiba-tiba mati sehingga membuat MFT harddisk error.

catatan:
- Delete partition TIDAK sama dengan format (walau sama-sama membuat data tidak bisa diakses). Kalau yang di delete partisinya saja maka kemungkinan file selamat sangat besar.