Tips mengatasi invalid boot.ini pada windows!

Invalid boot.ini, pesan error ini muncul sekejab saja setelah komputer mengakses harrdisk untuk loading windows. Biasanya komputer akan restart dan terus mengalami siklus load failure dan reboot yang berulang-ulang. Hal ini disebabkan oleh hilangnya file boot.ini pada root drive windows.




Boot.ini merupakan salah satu file booting yang sangat vital fungsinya. file ini menyimpan konfigurasi booting OS sehingga bisa dijalankan. Manakala file tersebut rusak atau terhapus maka OS tidak akan berjalan dan muncul pesan invalid boot.ini.

Cara mengatasi pesan error ini adalah dengan membuka recovery console.
Pertama kali cek dulu apakah boot.ini sebelumnya ada di root c: atau tidak dengan command dir c:\. Kalau boot.ini ada disana bisa anda delete dulu dengan perintah del c:\boot.ini

Setelah anda hapus boot.ini yang invalid tadi, buat file boot.ini baru dengan command bootcfg /add maka console akan menanyakan instalasi windows mana yang akan ditambahkan, tekan saja 1. Pilihan selanjutnya tinggal anda kosongkan saja. Maka boot.ini telah berhasil dibuat. Restart komputer anda dan liat hasilnya... :D
Selain boot.ini, file ntldr dan ntdetect.com juga berperan penting dalam booting windows, jadi file ini juga mutlak ada di root c: