MANTAP!! Heat map bulan saturnus membentuk Pac-Man!!

Foto berikut diambil oleh pesawat Cassini yang melintasi planet saturnus. Sedang yang tampak pada gambar adalah Mimas, "bulan"-nya saturnus.


Nah, ketika perangkat di pesawat memindai panas dari permukaan mimas, terbentuklah icon yang sangat populer ini, Pac-man. Siapa yang g tau pacman?? :D
Next...

Munurut ilmuwan, perbedaan variasi temperatur dipengaruhi oleh keragaman tekstur permukaan satelit alam tersebut. Tekstur-tekstur tertentu bisa memiliki panas yang lebih di banding lainnya.

Mimas memiliki sebuah kawah raksasa yang mirip dengan death star pada film starwars. Kawah tersebut bisa dilihat dengan jelas pada gambar.

Tim Cassini mengatakan bahwa kemungkinan kawah tersebut memegang peranan penting dalam perubahan suhu di permukaan mimas.
Sekedar info, saturnus memiliki 62 satelit yang tetap pada orbitnya. Salah satu yang terbesar adalah titan yang ukurannya lebih besar dari planet merkurius. Dan dengar2 informasi juga neh, titan memiliki atmosfer loh which means ada kemungkinan untuk menukung kehidupan...

Sungguh kebetulan yang sangat luar biasa. Alam memang memiliki caranya tersendiri untuk menghibur kita... :D

telegraph