Pengenalan pemrograman MS-DOS

Gue buat label baru, programming. Isinya seputar bahasa pemrograman seperti MS-DOS, C, C++ dll. Inilah postingan perdana gue tentang bidang programming. Mudah2an bisa di mengerti.... :D
Walau masih newbie, gue coba saja posting... Maaf kalo ada postingan yang keliru... hahaha

MS-DOS merupakan bahasa pemrograman yang di kembangkan oleh microsoft. Kalo gue bilang MS-DOS itu bahasa pemrograman yang paling mudah dan fleksibel. MS-DOS juga bisa digabung penggunaannya dengan script lain seperti VBscript. Soal MS-DOS lebih jauh bisa anda baca di wikipedia inggris atau wiki indonesia.
<-- more -->
MS-DOS memiliki command-command yang lumayan banyak, bisa anda simak di postingan ini. Disini gue akan membuat sebuah program yang sangat mendasar yaitu program hello world. Ya, bagi yang belajar programming biasanya akan membuat program ini terlebih dulu. Tujuannya untuk mencetak kata "hello world" di layar cmd. Berikut kodenya:


@echo off
echo hello world
pause


Save dengan nama.bat dan klik 2x, maka hello world kita sudah jadi.... :D
MS-DOS ini tidak case sensitive jadi anda bisa menggunakan huruf besar atau kecil sesuka hati anda.
Penjelasan:
- @echo off, agar command-command yang anda masukkan tidak akan ditampilkan ke layar, yang ada hanyalah hasil command tersebut saja.
- echo hello world, artinya anda memerintahkan cmd untuk menampilkan hello world di layar. Setiap kalimat yang akan di tampilkan ke layar harus diawali dengan kata echo ini.
- pause, sebgai penahan agar layar tidak langsung hilang. Sama seperti fungsi getch(); pada c++ atau C.