Apa itu shared dan dedicated memory?

Memory memegang peranan penting dalam performance laptop, terutama saat menjalankan program yang berhubungan dengan grafis, entah itu video editing, desain grafis, atau main game. Di laptop kita mengenal 2 jenis memory menurut penggunaannya yaitu:
1. Shared memory. Disebut begitu jika video memory disatukan penggunaannya dengan system memory (RAM). Jadi secara fisik hanya ada 1 modul memory yang dipakai bersama oleh video graphics array (VGA) dan sistem.
2. Dedicated memory. Sesuai namanya, Ada 1 modul memori yang hanya didedikasikan untuk penggunaan 1 instansi, misalnya VGA card. Ini berarti ada 2 modul memory dalam 1 laptop, modul 1 sebagai RAM sedangkan modul 2 sebagai VRAM (video RAM/video memory)

Bisa dipastikan bahwa yang terbaik adalah tipe 2. Karena masing-masing proses dapat ditangani secara independen. Karena 2 proses berjalan pada waktu yang sama, maka bisa dibayangkan jika proses 2 perangkat itu (sistem dan VGA) digabung dalam 1 memory, maka akan terjadi kesibukan transfer data yang akan menurunkan kecepatan memory. Ujung-ujungnya, performance laptop terimbas.
Jadi, bagi yang akan membeli laptop harap hal ini diperhatikan.


Tips untuk mengetahui memory VGA dishared atau tidak:
Jika ditanyakan hal ini pada kebanyakan penjual biasanya mereka bingung atau memberi jawaban ragu-ragu... :D
Anda bisa mengecek sendiri, Hidupkan windowsnya dan masuk ke system properties (terserah mau gimana masuknya.. :D) Asumsi bahwa RAM laptop 1GB. Disana akan ada info prosesor dan besar memori yang terpasang. Nah, jika besar memori hanya tampil disekitar 700-an MB, berarti tipe memorinya shared (256 MB di potong video memory) Kurang bagus bukan?
Akan tetapi jika yang tampil 0.99 GB (dibulatkan jadi 1GB) berarti termasuk tipe dedicated memory. Ini yang bagus.. :D

Jika anda masih kurang yakin, buka task manager dan lihat pada tab performance. Pada Physical memory, jika total angkanya ada 7 digit berarti dedicated, jika hanya 6 digit berarti shared.

Mudah2an tidak salah pilih laptop. Yang jelas, jangan menyesal jika membeli laptop yang tidak sesuai dengan keinginan..... :D