Solusi windows SYSTEM32\CONFIG\SYSTEM error

Windows cannot start because the following files are missing or corrupt
SYSTEM32\CONFIG\SYSTEM
Unable to continue loading windows

Pesan ini muncul karena registry SYSTEM pada windows rusak. Dapat disebabkan oleh driver yang mengalami conflict ataupun salah konfigurasi.

Solusi untuk ini tergolong mudah-mudah susah. Mudahnya jika anda memiliki 2 OS, maka anda bisa booting di OS satunya dan melakukan repair lewat OS tsb. Namun, jika anda hanya memiliki 1 OS, lakukan repair lewat recovery console.

Bagi yang 2 OS (apapun OS-nya), boot lewat sana dan masuk ke folder windows\system32\config\. Disana cari file SYSTEM (tanpa ekstensi) dan hapus. Kemudian cari file SYSTEM_BAK_0000 dimana 0000 merupakan angka acak. gandakan file tsb kemudian ubah file yang digandakan tadi dengan SYSTEM. Reboot komputer.

Bagi yang 1 OS, masuk dulu ke recovery console kemudian ketikkan command berikut:
(asumsi c: untuk windows)
delete c:\windows\system32\config\SYSTEM
copy c:\windows\repair\SYSTEM c:\windows\system32\config

Itu saja, selanjutnya restart komputer.
Biasanya efek dari error ini adalah semua konfigurasi komputer akan kembali ke default layaknya install baru (efek yang paling parah). Bagi yang mencoba cara 2 OS tadi konfigurasi komputernya mungkin akan "flash back" di waktu system_bak_0000 di buat, jadi tidak terlalu parah. Namun, semuanya tidak beresiko menghilangkan data-data penting anda ataupun OS anda, jadi jangan terlalu khawatir.... :D
Untuk command line yang lebih ribet dan wasting time menurut saya, bisa anda baca di situs resmi microsoft.

Di tunggu komentarnya.... :D