Photoshop tutorial - Membuat efek "kerdil" pada foto

Inilah tutorial yang saya janjikan di postingan saya sebelumnya. Perbedaan keduanya adalah pada skala gambar. Gambar pertama kelihatan normal sedangkan gambar kedua kelihatan lebih "kerdil". Coba perhatikan baik-baik..

Itu adalah teknik manipulasi ukuran pada foto, istilah inggrisnya tilt shift photography. Secara nyata, memang ada lensa khusus untuk memanipulasi ukuran namun harganya relatif mahal dan ukuran lensa besar. Di postingan ini saya akan membuat efek seperti yang dihasilkan lensa tersebut melalui photoshop, selamat mengikuti... :D

1. Buka gambar
2. Buat seleksi pada objek foto yang akan edit. Bisa memakai marquee tool atau lasso tool
3. Atur settingan feather (menu select >> modify >> feather) menjadi 35 pixel atau sesuai keinginan
4. Balikkan seleksi (menu select >> inverse selection)
5. Buka menu filter >> blur >> lens blur. Atur tingkat blurnya susuai keinginan sampai dihasilkan foto yang miniatur
6. Selesai.

Cara yang mudah bukan? Saya yakin tanpa screenshot pun anda bisa mengikuti langkah-langkah diatas dengan baik.. :D
Intinya, teknik ini mengaburkan background foto sehingga terkesan fokus hanya pada 1 objek sehingga dihasilkanlah efek transisi ukuran tersebut.
Berikut foto yang saya edit:

Sebelum


Sesudah


Ini foto-foto "kerdil" yang saya dapat dari googling:








Tips: Untuk hasil yang lebih real, terapkan pada gambar yang diambil secara "high angle".

Baca juga postingan saya yang lain: