Alasan mengapa windows banyak virus

Mungkin beberapa dari anda pernah menanyakan, mengapa OS keluarga windows yang paling banyak diserang virus?
Mungkin saya akan menjawab karena windows itu sangat hebat. Begitu hebatnya sampai para pembuat virus menargetkan serangannya pada OS microsoft tersebut dan bisa dibilang menghiraukan OS lain.

Apakah anda aman dari virus jika beralih OS? Tidak juga. Semua OS berpotensi diserang virus. Hanya saja, jumlah serangannya lebih kecil daripada serangan di OS windows.

Alasan paling masuk akal yang saya temui sejauh ini adalah karena windows paling banyak digunakan didunia, setidaknya sampai saat ini. Pembuat virus akan merasa lebih diuntungkan jika membuat virus di platform windows (dibanding platform lainnya seperti mac OS) karena akan menimbulkan dampak yang lebih masiv, sudut serangan lebih lebar dan lebih "menguntungkan" tentunya.

Anggapan saya gini, pembuat virus akan "menjual" penangkal virusnya ke perusahaan antivirus kemudian perusahaan tersebut merilis penangkalnya ke publik. Jadi, si pembuat virus dan perusahaan antivirus akan sama-sama diuntungkan. Sebuah simbiosis mutualisme yang sangat rapi. Ujung-ujungnya pengguna windows yang akan rugi... :D
Namun, sampai sekarang belum ada bukti mengenai itu, jadi tulisan saya ini mungkin akan berkhir sebagai opini belaka.

Mungkin jika suatu saat muncul OS baru yang lebih berpengaruh dibanding windows, maka kemungkinan besar serangan virus akan beralih ke OS tersebut.
Jadi OS yang paling aman?
Tidak ada.